Review : Vengeance Born oleh Kylie Griffin

Judul : Vengeance Born
Pengarang : Kylie Griffin
Penerbit : Berkley Trade
Tebal : 328 halaman
Diterbitkan pertama kali : 7 Februari 2012
Format : Trade Paperback
Target : Dewasa
Genre : Fantasy Romance
Bahasa : Inggris
Seri : The Light Blade
Buku ke : 1 (satu)
Website Pengarang: Kylie Griffin
Beli buku di : Bookdepository

Sinopsis


There is no mercy in the demon realm. No escape. In this place of desperation and conflict, anyone who is not pure bred is virtually powerless. Until an unlikely champion is born...

Annika, half-blood daughter of the Na'Reish King, longs for more than her tormented life among her father's people. Conceived in hatred and bred as a tool of retribution, she's gifted with a special talent that can heal as well as destroy...

With the Na'Reish vastly outnumbering them, Kalan, a Light Blade warrior, knows the future of humankind depends on him alone. Incursions into human territory and raids for blood-slaves by the Na'Reish Horde have increased. As Chosen-leader, he faces the task of stopping the demons-and convincing the Council of aging Light Blade warriors that change is necessary for survival.

When Annika learns Kalan is a prisoner in her father's dungeon, her dream of escape seems within reach. She agrees to free him in exchange for his protection once they reach human territory. Now, marked for death for helping him, Annika must learn to trust Kalan as they face not only the perilous journey to the border but enemies within the Council-and discover a shocking truth that could throw the human race into civil war...

Review

Fantasy adalah salah satu genre favorite saya, dan fantasy romance itu sangat jarang sekali. Kebanyakan genrenya lebih untuk remaja, dan kalaupun untuk dewasa, kalau ga paranormal romance , ya urban fantasy dimana keduanya bersetting di masa sekarang. Saya pengen sekali - kali baca fantasy ala Lords of The Ring tapi dengan bumbu romance. Selain seri Tairen Soul yang sayangnya ga diterjemahkan disini, saya belum nemu lagi. Sampai akhirnya saya baca Vengeance Born, buku pertama seri The Light Blade.


Di buku ini dikisahkan manusia hidup dalam kewaspadaan dan selalu berperang dengan ras iblis yang dinamakan Na'Reish. Kaum Na'Reish selain keji, mereka juga memperbudak manusia, dan mirip dengan vampir, dimana untuk memuaskan rasa laparnya mereka meminum darah. Annika adalah suatu anomali. Dia adalah Na'Chi, berdarah campuran dari ibu seorang manusia dan ayahnya adalah raja kaum Na'Reish. Sebagai Na'Chi hidup Annika sangat menyengsarakan. Ayahnya membencinya, dan berkata jika kelahiran Annika adalah salah satu balas dendamnya pada manusia yang sudah membunuh putranya. Selain itu di kaum Na'Reish sendiri, Annika dihina. Siksaan dan caci maki adalah makanan sehari - hari Annika, dan itu membuatnya tangguh namun juga rapuh. Walau ayahnya jahat, Annika sendiri diberkahi kemampuan penyembuh yang didapatnya dari dewi di dunianya, yaitu Lady of Light. Annika menggunakan kemampuannya untuk menyembuhkan tahanan manusia di benteng kaum Na'Reish. Sampai akhirnya dia bertemu dengan Kalan.

Kalan adalah Light Blade atau ksatria pelindung dari kaum manusia. Annika menyembuhkan luka Kalan dan berjanji akan membebaskan Kalan, tapi Kalan harus melindunginya ketika dia berada di dunia luar. Kalan yang sudah terlanjur membenci Na'Reish dan tidak peduli Annika adalah Na'Chi yang berada di pihaknya dengan enggan menyanggupinya. Keduanya akhirnya susah payah berhasil kabur dari benteng. Di saat itu juga Annika berusaha menghapus kebencian Kalan padanya, bahwa Annika tidak bersikap kejam seperti ayahnya. Sesampainya di tempat Kalan, Annika terkejut karena Kalan adalah pemimpin para Light Blade dan kaum manusia. Walaupun Kalan sudah percaya pada Annika bahkan mulai jatuh hati, Annika masih harus menghadapi prasangka dari kaum manusia lainnya, terutama dewan mereka yang kolot dan menganggapnya musuh yang harus dibunuh. Sanggupkah Annika hidup di dalam kalangan manusia dan mendapatkan kebebasan yang diimpikannya? Dan mampukan Kalan meyakinkan kaumnya bahwa Annika juga sama seperti mereka, tidak bersalah dan berhak untuk hidup damai?

Vengeance Born adalah karya debut dari Kylie Griffin, dan menurut saya buku ini sudah bagus untuk buku pertama dari suatu seri. Baik dari segi penulisan, karakterisasi, kecepatan alur dan dunia fantasinya yang menakjubkan. Temanya sendiri sudah awam, yaitu prasangka sering mengaburkan penilaian orang terhadap orang tertentu, dan dimana orang cenderung menakuti apa yang tidak mereka pahami. Annika adalah Na'Chi, dan itu membuatnya terhimpit antara dua dunia. Kaum ayahnya Na'Reish melihatnya sebagai kelemahan dan menyiksanya, sementara kaum ibunya yang manusia biasa melihatnya sebagai ancaman dan membencinya. Keberadaannya yang bagaikan legenda akhirnya menggoyahkan pondasi kaum manusia yang ternyata menyembunyikan fakta tentang kaum Na'Chi. Walaupun tersiksa, Annika tetap tegar. Memang ada saat dimana dia menjadi rapuh, dan menangis. Tapi bagi saya tangisan bukanlah tanda Annika lemah, justru ketegarannya yang begitu kuat yang tetap menopangnya untuk tetap berjuang bersama pria yang dicintainya, Kalan.

Untuk Kalan, saya sendiri sempat ga simpatik, karena prasangka butanya pada Annika. Walau tertarik, tipikal hero macam Kalan tentunya menolak habis - habisan dong, tapi juga ga bisa berkutik di akhir. Pada akhirnya Kalan yang berhasil menghapus prasangkanya, berusaha agar Annika juga bisa diterima di kaumnya. Sampai dia rela melepas apa yang penting baginya. Selain Kalan dan Annika, banyak tokoh - tokoh pendukung yang tidak kalah menarik. Seperti Hesia, wanita tua bijaksana yang menyuruh Kalan untuk melihat Annika sesungguhnya, Arek, anak buah Kalan yang membenci Na'Reish tapi tetap patuh pada Kalan, Kymora adik Kalan yang buta tapi menjadi pendeta kaum manusia, lalu Varian, sesama kaum Na'Chi seperti Annika.

Alur ceritanya sendiri cepat di bagian awal, terutama pada saat Annika dan Kalan melarikan diri, lalu perlahan melambat, dan menjadi cepat lagi menjelang akhir cerita. Tapi tidak membuat saya jadi bosan dan ngantuk. Banyak twist - twist yang diberikan oleh pengarang, beberapa sih saya udah bisa nebak, cuma tetep aja menarik saat diungkapkan. Di buku ini juga ada semacam dewi tunggal bernama Lady of The Light atau sering hanya dipanggil "Lady". Tidak seperti entitas pada buku fantasy yang cenderung pasif, Lady ini sangat aktif bahkan sering memberikan teka - teki dan perintah yang nantinya akan berpengaruh pada cerita.

Penggemar fantasy yang juga menyukai romance akan menyukai Vengeance Born ini. Apalagi ditunjang dengan covernya yang sangat mewah dan berasa buku untuk Young Adult (YA). Tapi percayalah, ini buku ga ada aroma YAnya sama sekali, bahkan adegan intimnya sangat sensual ;D. Bagi mereka yang menggemari fantasy dibumbui romance, dengan karakterisasi menarik, plot yang mengaduk - aduk emosi dan penggambaran dunia yang menakjubkan, wajib memasukkan buku ini dalam wishlist!

Favorite Quote :

- Truth has to start somewhere

- "Hesia was right. The real test of person is whether they can see past the names and labels." His gaze was steady."I've seen you. You laugh, you fear, you cry, you love. You're as human as me, Na'Chi"


Rating Cerita :

Sensualitas
Adegan intimnya ada beberapa dan jelas cocok hanya untuk dewasa. Lalu apakah aman dibaca pada saat puasa? Saya sarankan bacalah habis tarawih saja ;D. Kalau yang ga puasa juga boleh dibaca di kantor/kampus/rumah saat siang hari. Tapi awas ke-gap bos atau lupa sama kerjaan :))