Review : Kiss of Snow oleh Nalini Singh

Judul : Kiss of Snow
Pengarang : Nalini Singh
Penerbit : Berkley
Tebal : 427 halaman
Diterbitkan pertama kali : 1 November 2011
Format : Mass Market Paperback
Target : Dewasa
Genre : Paranormal Science Fiction Romance
Bahasa : Inggris
Seri : Psy-Changeling
Buku ke- : 10 (sepuluh)
Status : Hadiah dari temen <3
Web Pengarang Order di : BookdepositoryEnglish Review at Goodreads : click here



Sinopsis


Since her defection from the PsyNet and into the SnowDancer wolf pack, Sienna Lauren has had one weakness: Hawke.
Alpha and dangerous, he lost the woman who would've been his mate long ago. Now he walks alone. But Sienna stirs his primal heart, even as he tells himself she is far too young to handle the wild fury of the wolf.

Yet as they strip away each other's secrets, a deadly enemy is striking at everything the pack holds dear...but Sienna's darkest secret may savage the pack that is her home-and the alpha who is its heartbeat.


Review
Errr. saya bingung mau mulai darimana untuk mereview ini. Karena Kiss of Snow adalah buku ke 10 (sepuluh) dari seri Psy-Changeling, dan kisah buku ini sebenarnya seperti sebuah konklusi kisah kedua karakter utamanya , Sienna Lauren dan Hawke, yang sudah berjumpa mulai dari buku pertama, Slave to Sensation. Belum lagi ditambah dengan ide orisinil tentang 3 ras manusia yang dua diantaranya selalu berperang, setting dunia yang rumit, banyaknya tokoh - tokoh yang juga sama pentingnya. Jadi kalau bukan fans setianya, mungkin akan kesulitan kalau membaca langsung ke buku ini. Tapi saya coba ngereview sebisa mungkin deh.

Di bumi yang bersetting futuristik, manusia terbagi menjadi tiga ras. Manusia biasa, manusia yang memiliki kekuatan super yang berhubungan dengan pikiran yaitu Psy, dan manusia yang dianugerahi kemampuan untuk berubah wujud (shape shifter) menjadi hewan yaitu Changeling. Semua berubah saat kaum Psy mengaktifkan Silence, yang membuat mereka kehilangan emosi. Tujuannya agar mereka tidak terjebak dalam kegilaan dan hasrat untuk membunuh. Sementara Changeling dan manusia bersatu, Psy menguasai perekonomian dunia. Cerita seri Psy-Changeling aslinya dimulai saat perlahan - lahan beberapa kaum Psy kehilangan kontrol atas Silence dan mulai merasakan emosi. Mereka ini juga akhirnya berpihak ke kaum Changeling yang aslinya musuh, dan bekerja sama. Bahkan ada yang menjadi pasangan.

Untuk Kiss of Snow, pasangan Sienna Lauren dan Hawke adalah pasangan Psy dan Changeling. Sienna yang baru saja menginjak umur 20 tahun, sebenarnya sudah lama memendam rasa pada Hawke, yang notabene alpha dari kaum Changeling serigala di San Fransisco, SnowDancer. Apalagi Hawke juga sudah menyelamatkan keluarga Sienna yang menjadi buronan dan desertir di dunia Psy. Tapi Hawke masih teringat oleh pasangan takdirnya yang dulu tewas di usia sangat belia. Membuatnya tak percaya akan mendapatkan pasangan dan menghindari Sienna. Sienna sendiri bukannya tak punya masalah. Selain beda usianya cukup jauh (Hawke sendiri sekitar 30-35 tahun), Sienna adalah X-Psy, sejenis Psy yang kemampuannya berbahaya dan mematikan. Sienna takut dia akan mencelakai Hawke dan juga SnowDancer, tempat yang sudah dianggap rumahnya. Sekarang tergantung Hawke, bagaimana dia mengatasi ketakutannya sendiri dan memperjuangkan hidup dengan Sienna. Karena baik sisi serigalanya dan sisi manusianya menginginkan gadis berambut merah dengan mata yang bagaikan rasi bintang itu untuk dirinya selamanya.

Yang membuat saya menyukai Kiss of Snow adalah, selain kisah Sienna dan Hawke, juga ada kisah untuk karakter pendamping, yaitu antara paman Sienna, Walker Lauren dan Lara, penyembuh di SnowDancer. Gaya penceritaan Nalini sebenarnya sangat lambat, tapi herannya saya suka. Mungkin orang yang ga sabaran bakalan bete, kalau saya malah menganggap gaya ceritanya yang lambat itu indah. Apalagi pemilihan kata - kata tante Nalini bagus banget. Bikin saya terbuai pokoknya, hehehe. Beliau juga sanggup menceritakan antara pasangan yang beda usianya cukup jauh (10-15 tahun) dengan wajar. Membuat kita jadi pengen punya cowo kayak Hawke. Pertamanya keras kepala, arrogan, terjebak di masa lalunya yang pahit. Tapi tunggu sampai dia akhirnya mengincar gadis idamannya. Wow, deh!

Selain menceritakan tentang hubungan tokoh-tokohnya, Nalini Singh juga menceritakan perkembangan di seri ini. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, kalau belum baca dari yang pertama, memang bakal bingung setengah mati. Ga seperti karyanya tante Kresley Cole yang Dreams of a Dark Warrior (baca review di sini), walau udah buku kesekian sekian, tetep bisa ngeh seengganya. Baca Kiss of Snow harus pelan - pelan dan bolak balik liatin daftar karakter biar ga bengong pas bacanya.

Overall, seri Psy Changeling dan Kiss of Snow adalah salah satu bacaan yang wajib masuk wishlist bagi mereka yang mengaku doyan paranormal romance. Dibandingkan dengan serinya yang Guild Hunter, seri Psy Changeling emang lebih rumit, tapi ga begitu gelap,ga sadis - sadis banget. Tonenya lebih ceria dan berwarna - warni, tapi bukan berarti ceritanya jadi gampang dimengerti. Banyak juga pesan kemanusiaan yang ada di seri ini. Saran saya bacalah buku pertama yang judulnya Slave to Sensation. Denger - denger sih Dastan mau nerbitin seri ini jadi tunggu saja ya ;)
Ekstra :
- Saya suka cover versi UKnya daripada versi US. Abis versi USnya photoshop sih. Heran deh, padahal keluarnya hardcover, tapi covernya malah kayak gitu. Seri PsyChangeling emang ga terlalu beruntung dalam hal cover (walau ceritanya sih bagus banget)

- Saya mendapatkan buku ini dari temen Goodreads saya yang berasal dari Kanada, Annie. Jadi bukan menang kuis lho. Baca kisahnya di sini.

- Ada alasan kenapa buku ini diberi judul Kiss of Snow. Pembaca baru bisa tau menjelang akhir cerita

F
avorite Quote :
You have the power to tear me to pieces, to wound me so deep and true that I‘ll never recover. What Rissa‘s death did to the boy I was? You have the ability to do a thousand times worse to the man I‘ve become.

You’re in my every breath and every thought, intertwined so deep inside me that love’s not a strong enough word—you have my devotion, your name branded on my soul, my wolf yours to command. A hundred years? It’ll never be enough. I want eternity.

Rating Cerita

Dan juga Top Read tahun 2012. Nalini Singh tahu gimana bikin saya seneng dengan cerita-ceritanya.

Sensualitas